Home » Sample Page » Praktik Akad Nikah di Madrasah Seperti Kenyataan. Pakai Kwade dan Rias

Praktik Akad Nikah di Madrasah Seperti Kenyataan. Pakai Kwade dan Rias

by manahmus
40 views
A+A-
Reset

 

Kudus, 9 Mei 2024 – Suasana yang unik dan menarik memenuhi ruang multimedia MA Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus saat ini. Apa yang biasanya menjadi ruang kelas yang sederhana dengan meja, bangku, dan perangkat media, tiba-tiba berubah menjadi pemandangan seperti gedung resepsi pernikahan yang ‘mewah’. Pasangan pengantin yang lengkap dengan busana pengantin dan dekorasi berwarna-warni menghiasi ruangan tersebut.

Namun, yang membuat perhatian orang-orang semakin tertuju adalah fakta bahwa ini sebenarnya adalah praktik akad nikah untuk siswa kelas XI dalam mata pelajaran Fiqh. Guru mata pelajaran, Bapak Mahrus, S.Ag., M.E., bertanggung jawab atas kegiatan ini dan berusaha memberikan pengalaman yang mendekati realitas kepada para siswa.

“Pada praktik ini, kami berusaha menampilkan akad nikah sesungguhnya kepada siswa. Calon pengantin perempuan dirias seperti pengantin sungguhan. Setelah akad nikah, mereka juga akan menandatangani buku nikah dan mengucapkan ta’liq talak,” ungkap Pak Mahrus dengan antusias.

Tak hanya itu, simulasi pernikahan ini diatur sedemikian rupa sehingga terlihat seperti acara pernikahan sebenarnya. Mulai dari dekorasi pelaminan yang indah, tempat prasmanan yang lezat, hingga busana para siswa yang berperan sebagai pengantin, semuanya terlihat begitu nyata dan mengesankan. “Para siswa yang ditunjuk sebagai orang tua pengantin, penghulu, pembaca khutbah nikah, MC, dan tim penerima tamu juga melaksanakan peran mereka dengan serius.” tambahnya

Salah satu hal yang menarik adalah adanya makanan prasmanan dengan menu bakso dan es buah yang disajikan kepada para tamu. Hal ini memberikan nuansa lebih autentik pada praktik akad nikah ini, seolah-olah semua orang sedang berada dalam pernikahan sungguhan.

Praktik akad nikah ini tidak hanya memberikan pengalaman berharga bagi para siswa, tetapi juga memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang proses pernikahan dalam agama Islam. Dengan pengalaman yang demikian, diharapkan para siswa dapat memahami dan menghormati nilai-nilai dan tata cara pernikahan yang sebenarnya.

 

You may also like

Leave a Comment