Home » Sample Page » Madrasah Nahdlatul Muslimin, Sembelih 2 Ekor Kerbau

Madrasah Nahdlatul Muslimin, Sembelih 2 Ekor Kerbau

by manahmus
97 views
A+A-
Reset

Kepala MTs, MA dan Ponpes Nahdlatul Muslimin Foto Bersama di Depan Hewan Qurban

Kudus-ma-nahmus_sch.id. Pada Hari Raya Idhul Adha 1445 H ini, Madrasah Nahdlatul Muslimin Undaan menyembelih hewan qurban 2 ekor kerbau. Penyembelihan hewan qurban ini sendiri dilaksanakan pada hari tasyrik ke-1 Selasa, 18 Juni 2024 atau 11 Dzulhijja 1445 H pada jam 07.00 WIB bertempat di Halam Pondok Pesantren Putra Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus.

Sebagaimana sudah menjadi tradisi, bahwa penyembelihan hewan qurban di Madrasah Nahdlatul Muslimin selalu dilaksanakan pada setiap tahunnya, hal ini merupakan bentuk wujud syukur, keikhlasan, pengorbanan dan berbagi oleh keluarga besar Madrasah Nahdlatul Muslimin kepada masyarakat sekitar Madrasah dan Pondok Pesantren.

Chambali, BA selaku Panitia Qurban Madrasah Nahdlatul Muslimin mengatakan bahwa Hari Raya Idhul Adha tahun ini mempunyai makna yang sangat mendalam bagi keluarga besar Madrasah Nahdlatul Muslimin, karena pada tahun ini Allah SWT memanggil tiga guru dari Madrasah Nahdlatul Muslimin ke tanah suci Makkah al -mukarromah dan Madinah al-munawwaroh untuk melaksanakan ibadah haji. Disampaing itu, menurut Chambali bahwa qurban juga merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT sebagai wujud penghambaan terhadap Tuhannya.

“Tahun ini Madrasah Nahdlatul Muslimin menyembelih 2 ekor kerbau yang pelaksanaannya selalu ditaruh pada hari tasyrik ke-1 atau 11 Dzulhijjah di setiap tahunnya. 2 ekor kerbau tersebut berasal dari qur’ban Bapak/Ibu Guru Madrasah Nahdlatul Muslimin yang nanti daging qurban tersebut akan dibagikan kepada masyarakat sekitar madrasah” imbuh Chambali.

Nilai-Nilai Idhul Adha

Hari Raya Idhul Adha merupakan puncak dari pelaksanaan ibadah haji, dimana jutaan ummat Islam dari seluruh penjuru duni berkumpul di Makkah Mukarromah untuk melaksankan rangkaian ibadah yang menjadi rukun Islam yang kelima.

Hari Raya Idhul Adha atau juga dapat disebut Hari Raya Qurban, tidaklah semata hanya melaksanakan perintah untuk ber-qurban saja, akan tetapi berqurban juga mengandung nilai-nilai tentang bagaimana bersyukur, selalu berjiwa tulus ikhlas, terlebih nilai-nilai tentang pengorbanan dan kemauan untuk berbagi terhadap sesama.

Hal tersebut disampaikan oleh H. Taufikut Bari, S.Ag., M.Pd. selaku Kepala Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Muslimin dalam memberikan sambutan atas nama Kepala Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah Nahdlatul Muslimin pada acara prosesi penyembelihan hewan qurban di Madrasah Nahdlatul Muslimin Undaan tersebut.

(Beny)

You may also like

Leave a Comment